Jumat, 03 Februari 2012

Empat Cara Untuk Menghindari Pembekakan Material Pada Saat Pelaksanaan Kegiatan Rabat Beton

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak terjadi pembengkakan Material pada saat pelaksanaan kegiatan
1.  Campuran
Ini adalah yang paling sering terjadi pada saat pelaksanaan kegiatan. Campuran yang seharusnya 1:3:5 bisa menjadi 1:6:8 atau bahkan bisa menjadi 1:7:10. Dalam kasus ini pasir dan split pasti akan membengkak sedangkan semenya pasti sisa. Kualitas beton berkurang. Maka dari itu untuk menghindari  pembengkakan material sebaiknya pada saat melakukan pencampuran itu harus dilaksanakan sesuai Desain Rencana Anggaran Biaya ( RAB Desain ) dan juga pada saat Trial.
2. Leveling
Biasanya leveling sering kali disepelekan oleh TPK . Padahal leveling yang tidak rata inilah yang menyebabkan bahan material membengkak. Tebal beton yang di rencanakan 15 Cm ,karena lantai kerja tidak rata bisa menjadi 17 atau bahkan bisa sampai 20 cm. Padahal selisih 1 cm saja itu sudah akan menimbulkan pembengkakan yang banyak. Maka dari itu sebelum pelaksanaan kegiatan ini sebaiknya leveling harus dilaksanakan dengan baik agar pada saat pelaksanaan kegiatan nanti bisa tidak terjadi pembengkakan material.
3. Pengawasan
Biasanya pada saat pelaksanaan kegiatan TPK jarang sekali turun kelapangan. Maka dari itu tidak menutup kemungkinan terjadi penyimpangan—penyimpangan. Contoh kecil misal kegiatan tersebut  melewati depan rumah pekerja. Kegiatan yang seharusnya tidak boleh belok kehalaman rumahnya bisa jadi membelok kehalam rumah karena pengawanasan yang kurang. Dan masih berhubungan dengan pengawasan ini adalah pada saat penerimaan material. Bila pada saat penerimaan material ini kurang pengawasan, maka pemasok atau sopir yang menhantar barang ini akan seenaknya melaporkan bahan yang dikirim. Misalnya pemasok mengirim dua kali sehari karena pengawan kurang bisa saja pemasok tersebut melaporkan barangya tiga kali sehari.
 
4. Spesifikasi Bahan
Spek bahan yang tidak sesuai dengan desain mengakibatkan campuran tidak sesuai dengan rencana . Contoh kecil yang sering disepelekan TPK adalah ukuran Split. Split yang seharusnya ukuran 2/3 cm tetapi dalam pelaksanaanya bisa menjadi 3/5 . Akhirnya dengan split yang tidak sesuai rencana mengakibatkan jarak space antar Split menjadi besar. Akhirnya mermbutuhkan pasir yang banyak juga. Maka dari itu harap dihindari spek  bahan yang tidak sesuai desain RAB.  [ PL Brati ]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar